Header Ads

Kaca mobil Anda buram, ini solusinya


Pernah Anda merasa telah merawat dengan benar tetapi kaca mobil tampak buram terutama pada saat musim hujan? Pertannyaan ini juga sering ditanyakan oleh beberapa konsumen Pasar Gambreng.

Kenapa kaca mobil Anda buram? Biasanya karena dari jamur yang menempel di permukaan kaca. Terjadinya jamur pada kaca dikarenakan endapan air yang bisa didapatkan dari embun pada malam hari maupun air hujan yang tidak langsung dibilas dan dikeringkan.

Sehingga, endapan-endapan itu akhirnya akan menimbulkan jamur pada kaca. Pada saat musim hujan tingkat terjadinya jamur pada kaca akan tinggi dan membuat jamur mudah tumbuh. Jamur yang membuat kaca menjadi buram bakal menggangu pemandangan, terlebih saat berkendara di cuaca hujan.

Bagaimana caranya menghilangkan Jamur?

Pasar Gambreng akan bagikan tips untuk menghilangkan jamur yang terdapat pada kaca mobil.

  1. Cuci kaca, pastikan mobil berada di tempat teduh dan terbebas dari terik matahari. Mulailah dengan membersihkan kaca depan terlebih dahulu kemudian kaca belakang.
  2. Periksalah komponen sapuan penyapu kaca atau wiper. Apabila kondisinya dalam kondisi kotor dan terdapat flex, segera bersihkan. Cuci dengan cairan khusus dan segera keringkan dengan lap kering agar sisa air dari proses pencucian tidak berubah menjadi jamur.
  3. Bersihkan kaca dengan air dan cairan pembersih jamur. Namun, harap diperhatikan, tidak semua kaca cocok dengan cairan tersebut. Baca informasi dan petunjuk penggunaan terlebih dahulu., mobil buatan Eropa dan Jepang berbeda jenisnya dan perhatikan apakah cairan penghilang jamur tersebut cocok untuk jenis mobil Anda. Setelah dicuci bersih, gunakanlah kain microfiber yang bersih untuk mengeringkan kaca. Pastikan pula lap terbebas dari material-material yang dapat membuat kondisi kaca menjadi baret.
  4. Lalu ulangi proses di atas apabila hasilnya kurang maksimal. Setelah kaca terbebas dari jamur, Anda juga disarankan melakukan pencegahan timbulnya noda atau jamur pada kaca mobil. 

Sebaiknya, langsung siram atau cuci mobil setelah terguyur hujan. Bila tidak sempat mencuci atau mengguyur dengan air, bersihkan kaca dengan lap chamois (umunya dikenal dengan nama kanebo) basah. Perhatikan juga agar tidak memarkir kendaraan yang tekena sinar matahari langsung.

Semoga bermanfaat...