Header Ads

Kenapa perlu menggunakan oli encer ?


Oli mesin adalah cairan/ fluida di dalam mesin yang berfungsi untuk melindungi mesin saat bekerja, mendukung performa mesin dan menghindari kerusakan mesin saat mesin dijalankan.

Teknologi mesin yang semakin modern memang menuntut oli yang semakin encer. Hal ini disebabkan karena beberapa hal. Misalnya, karena celah antar komponen pada mesin teranyar semakin rapat. Selain itu, putaran mesin lebih cepat, beban gesekan lebih tinggi, serta suhu mesin yang lebih panas. Karena itu dibutukan oli yang lincah, dan bisa dilakukan oleh oli yang encer.

Keuntungan lainnya dari oli yang encer adalah lebih irit BBM. Dalam salah satu penelitian, ditemukan bahwa pakai oli lebih encer bensin jadi lebih irit sampai 16,9 persen dibanding yang kental.

Dengan fakta ini, maka pemilik kendaraan diperbolehkan menggunakan oli yang lebih encer dibanding dengan standar pabrikan. Pada mobil, biasanya standar olinya adalah SAE 10W-40, maka diperbolehkan menggunakan oli SAE 10W-30.

Tentu saja, selain kekentalan, yang harus diperhatikan adalah regularitas penggantian. Untuk pengendara mobil misalnya, disarankan untuk mengganti oli tiap 7.500 hingga 10.000 km.

Semoga bermanfaat...